IYA BOLEH CAMP DANCOW Advanced Nutri+ Untuk Anak Unggul Indonesia

Sab’tu 6 April 2019 di Atrium Mall Ratu Indah (MARI) Makassar, saya dan kakak Mumtaz berkesempatan hadir untuk mengikuti rangkaian acara ‘Dancow Iya Boleh Camp’, sekaligus peluncuran Modul #IyaBoleh untuk Anak Unggul Indonesia yang dihadirkan oleh Dancow Andanced Excelnutri+ secara serentak di 3 kota Besar Indonesia Jakarta, Yogyakarta dan Makassar.


Sesaat tiba di lokasi, kakak Mumtaz sudah sangat tidak sabaran melihat secara dekat Iya Boleh Camp. Setelah registrasi dan diperbolehkan masuk, kakak Mumtaz minta izin untuk bermain dibeberapa area permainan yang disediakan oleh Dancow Iya Boleh Camp. Pastinya saya akan mengatakan #Iyaboleh.... 😉 Permainan yang disediakan oleh Dancow Advanced Nutri+ ini, mampu melatih skill motorik, sensorik, kinestetik dan fokus anak-anak. Sehingga anak-anak akan melibatkan kemampuan metakognitif dan inquiry mereka untuk mengeksplore area permainan ini.









Megawati Irawan, Brand Executive DANCOW Advanced Excelnutri+, mengatakan “sebagai mitra terpercaya orang tua, Dancow Advanced Excelnutri+ senantiasa mengedukasi dan mendorong para orang tua Indonesia untuk berkata ‘Iya Boleh’ demi mendukung si Kecil bebas bereksplorasi dan mengembangkan potensi mereka melalu gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ yang diluncurkan sejak Februari 2019 lalu, DANCOW Advanced Excelnutri+ meluncurkan modul ‘Iya Boleh Untuk Anak Unggul Indonesia’.”

                                        
Modul ini setelah saya baca, sangat lengkap dan bermanfaat sekali untuk mendampingi tumbuh kembang buah hati kita tercinta. Diantaranya, membahas mengenai :

- Nutrisi, Stimulasi, Cinta : 3 pilar utama membentuk Anak Unggul Indonesia,
- Nutrisis Tepat Lindungi Eksplorasi Si Kecil,
- Stimulasi Sesuai Usia,
- Iya Boleh : Wujud Cinta Orang Tua Dukung Potensi Si Kecil,
- Anak Berani,
- Anak Cerdas,
- Anak Kreatif,
- Anak Peduli,
- Anak pemimpin,
- Memilih Susu Pertumbuhan,
sehingga modul ini sangat layak sekali dimiliki oleh Bunda dan Ayah di rumah.

Modul ini tersedia dan dapat diakses serta diunduh gratis melalui laman DANCOW Parenting Center, sehingga dapat menjangkau lebih banyak lagi orangtua di seluruh Indonesia dan memberi dampak positif bagi sebanyak mungkin anak Indonesia. Dengan modul ini diharapkan para orangtua Indonesia dapat terus mendorong si Kecil berkembang menjadi Anak Unggul Indonesia dengan lima karakteristik kunci, yaitu :

Drs. Hendra Jamal, M. Si., Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia mengatakan bahwa orang tua adalah pihak yang paling bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter generasi mendatang. Untuk itu kami menyambut baik inisiatif pembuatan modul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia” sebagai panduan pengasuhan si kecil yang dilengkapi dengan tips-tips yang bisa dipraktekkan orang tua dalam kehidupan sehari-hari.

Modul ini juga diharapkan untuk turut berperan dalam mempersiapkan Generasi Emas 2045. Diperkirakan dalam periode tahun 2020-2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dimana 70 % penduduk Indonesia berusia produkftif (15-64 tahun), sehingga pada tahun 2045 Indonesia diproyeksikan menjadi salah satu dari tujuh kekuatan ekonomi terbesar dunia1.

Dokter anak, Dr. Setia Budi Salekede, Sp. A.(K) mengatakan bahwa ketika anak bereksplorasi, ada banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu, seperti infeksi saluran pernafasan dan diare. Hasil riset menunjukkan 41,9 % anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernafasam dan 12,2% anak masih sering terkena diare2. Oleh karena itu anak harus mendapatkan nutrisi dan perlindungan yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan asupan prebiotic seperti Lactobacillus rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan resiko infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh3.

Untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak, nutrisi memiliki peran yang sangat penting.  Ibu punya peran penting untuk memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan si kecil agar ia dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Nutrsi tersebut dapat dikategorikan untuk perlindungan, perkembangan otak, dan pertumbuhan.
a. Nutrisi Perlindungan
Menurut data hasil riset, sekitar 80% sel imun tubuh terdapat saluran cerna atau yang dikenal dengan Gut Associated Lymphoid Tissue (GALT). Hal inii berarti, saluran cerna yang sehat berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh anak. Saluran cerna yang sehat harus didominasi oleh bakteri yang baik untuk membantu lancarnya pencernaan, penyerapan zat gizi dari makanan serta mengurangi pertumbuhan bakteri patogen. Dengan demikian, pencernaan yang sehat akan mendukung tumbuh kembang yang optimal.
b. Nutrisi Perkembangan Otak
Otak memiliki peranan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup dan menjadi pusat kecerdasan. Golden Age anak dimulai 1000 hari pertama kelahirannya. Untuk dapat berkembang dengan optimal, maka otak membutuhkan asupan nutrisi yang tepat, seperti: (i) omega 3 (asam Linolenat) dan omega 6 (Linoleat). Keduanya merupakan asam lemak esensial yang berperan dalam pembentukan pembungkusan saraf. Ibu dapat memperolehnya dari, ASI, makanan laut dan produk susu. (ii) minyak ikan sebagai sumber DHA (penting untuk perkembangan saraf di otak), terutama untuk pembentukan jaringan lemak otak (mielinisasi) dan interkoneksi antarsaraf di otak. Ibu dapat menemukan kandungan tersebut di ikan laut, seperti tuna, gindara, sarden, salmon, makarel dan hering.
c. Nutrisi Pertumbuhan
Terpenuhninya nutrisi protein dan kalsium pada si kecil adalah modal utama untuk menjamin tumbuh kembang mereka. Protein dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh yang dapat mendukung pertumbuhan fisik yang optimal. Protein diperoleh dari hewani dan nabati, seperti daging, ayam, ikan, telur, susu, keju, tempe tahu dan makanan lain yang mengandung kacang-kacangan. Sedangkan kalsium berperan dalam pembentukan tulang untuk pertumbuhan tinggi serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Proses pembentukan tulang dimulai sejak kanak-kanak hingga dewasa. Selain itu, kalsium akan terserap dengan baik bila ada vitamin D. Sumber-sumber makanan yang banyak mengandung kalsium, antara lain yoghurt, keju, jeruk dan susu. 

Kakak Mumtaz, memiliki rasa percaya diri untuk tampil. Saat ia langsung mengancungkan tangan dan maju ke depan, saat mbak Megawati meminta siapa yang dapat mensimulasikan penggunaan game online yang sesuai umur anak pada halaman Web Dancow. Good Jobs Nak....
Game dan fitur lainnya ini dapat diakses https://www.dancow.co.id/dpc/anak-unggul-indonesia 


Saya juga berkesampatan dipandu oleh Mbak Mega untuk memantau sejauh mana perkembangan yang dimiliki oleh kakak Mumtaz. Bagi saya, sebenarnya tidak ada batasan usia untuk mengenalkan ilmu dan karakter dari anak. Hal yang penting adalah sudah seberapa mampukah kita mengenal perkembangan anak kita. Simulator yang dikembangkan oleh Dancow sangat membantu saya, dan ibu-ibu lain.

“Modul ‘Iya Boleh untuk anak Unggul Indonesia’ ini  diberikan sebagai wujud apresiasi DANCOW Advanced Nutri+ terhadap orangtua Indonesia yang telah ikut serta mendukung Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’. Pihak DANCOW berharap modul ini dapat membantu para orang tua dalam mengasuh si Kecil, memenuhi asupan nutrisinya, memberikan teladan perilaku yang positif, dan semakin sering mengatakan ‘Iya Boleh’ untuk mendukung eksplorasi dan keingintahuan si Kecil yang akan membuatnya terus belajar dan tumbuh berkembang menjadi anak Unggul Indonesia.
Untuk orang tua Indonesia dapat mengakses link web DANCOW pada gambar dibawah ini, untuk dapat melihat asupan nutrisi, stimulasi dan cinta, dan mendownload modul Iya Boleh untuk perkembangan anak kita tercinta. 





Terima Kasih Dancow untuk mendukung anak Indonesia Untuk Unggul. Bunda dan Ayah yakinkan diri untuk berkata 'Iya Boleh' untuk mendukung eksplorasinya dan tetep melindungi si Petualang Kecil.

4 comments

  1. Saya suka sekali kak acara kemarin, jadi ajang ketemu sudais sama temen temennya . Udah gitu ketemu sama teman teman blogger yang lain juga

    ReplyDelete
  2. salut dengan inisiatif Dancow Advanced Nutri+ memantapkan Gerakan Iya Boleh dengan meluncurkan sebuah Modul.. Ini gak hanya sebagai panduan pola pengasuhan yg baik untuk anak, tapi modul ini juga bisa menjadi teman bagi para ibu dalam menjalankan perannya sebagai kawan setia bagi anak :)

    ReplyDelete
  3. senangnya kenalan sama kakak Mumtaz, aktif dan periang sekali ya kak
    berani juga, anak dancow banget mi lah ehehuhuheuhe

    ReplyDelete
  4. Senangnyaa revan ketemu teman baru. Apalagi pas tau, mumtaz bakalan satu sekolah dgn revan.. ini revan srasa kyk teman lamanyami.

    ReplyDelete